Sunday, 31 May 2015

Memilih Oli Motor yang Cocok Untuk CBR 250R

Halo pembaca sekalian, kali ini kita akan mebahas tentang pemakaian oli yang pas untuk CBR 250R FI alias CBR250R CBU Thailand (tahun perakitan 2011-2013).
Oli merupakan cairan/fluida di dalam mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin saat bekerja, mendukung performa mesin dan menghindari kerusakan mesin saat mesin dijalankan. Cairan pelumas ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin maupun komponen lainnya dalam motor. Fungsi utamanya yaitu sebagai bahan pelumas dan perapat antar komponen agar mesin berjalan dengan baik dan bebas gangguan.
oli_mesin_mobil
Namun ingat, anda tidak dapat menggunakan sembarang jenis oli pada motor anda, jadi sebaiknya sesuaikan atau konsultasikan dulu dengan beberapa teknisi ahli mengenai penggunaan oli yang cocok dengan tipe motor Anda. Bagiamana dengan oli buat CBR 250R? monggo disimak :)


Selain sebagai bahan pelumas dan perapat antar komponen agar mesin berjalan dengan baik dan bebas gangguan, fungsi oli lainnya pada mesin kendaraan yaitu:
  • Mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Agar gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
  • Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  • Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
  • Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotoran tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  • Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air
tips-ganti-oli-motor-20150216235610
Untuk CBR250R kapasitas oli 1,4-1,5 Liter pada setiap penggantian rutin. Kalau sekalian ganti filter oli butuh sebanyak 1,6 Liter, apalagi kalau turun mesin/overhaul, bisa butuh sampai 1,8 Liter. Menurut buku petunjuk pemilik pemakaian penggantian oli dilakukan setiap 12.000km.
Padahal untuk  mesin berperforma tinggi, apalagi silinder tunggal, DOHC dan berasio kompresi tinggi (10.8:1, CMIIW). Kerja mesin lebih berat dan semakin panas. Bkankah oli berfungsi sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen? Kalau diganti tiap 12.000 km, keburu busuk dong olinya di motor saya. Apalagi saya cuma pake motor buat weekend, bukan buat harian. Bisa-bisa udah 2 tahun baru ganti oli... keburu jadi wine dah tuh oli. Hehehehe.
Beruntunglah ada saran dari berbagai forum, bahwa untuk CBR 250R hendaknya dilakukan penggantian oli paling lama setiap 2 bulan sekali. Soalnya ada yang mengaku suara mesinnya tiba-tiba menjadi kasar, padahal motornya cuma dipanasin aja berbulan-bulan, tahunya karena olinya tidak pernah diganti. Bagaimana dengan oli yang cocok untuk CBR 250R?
CBR250R memiliki mesin dengan tingkat kerapatan tinggi. Jadi butuh oli sintetik dengan tingkat keenceran yang tinggi (tidak kental). Rekomendasi Pabrikan adalah oli dengan angka viskositas 10w-30. Untuk CBR250R oli yang reccomended banyak, tergantung selera dan kantong juga. Berikut beberapa oli hasil masukan dari para Rider CBR 250R:
1. Shell advance ultra 10w-40 (Harga 150ribuanperforma alus ngacir dan suara mesin mantap, tidak berisik.
91505-1
2. Castrol edge 5w-40 (Harga 100 ribuan) termasuk oli yang long last use, dibawa sampai 5.000km masih enak banget. Performa oli ini 11-12 sama advance ultra. Sayang, oli ini agak langka.
1428408802287
3. Motorex 5w-40 (Harga 170 ribu). Suara mesin halus dan performa mantap untuk kelasnya, tingkat long lasting masih dibawah castrol edge 5w-40.
275-0001
4. FK Massimo 10w-50 (harga 280 ribu per liter). Harga yang cukup mahal menurut saya. Oli ini masa pakainya paling cepat. ga bisa lama-lama. Bener2 oli level kompetisi sepertinya. 
jm-motor_fk-massimo-racing-rs-10w-50-api-sm-oli-motor-1-l_full01
5. Idemitsu 10w-30 Extreme ECO (harga sekitar 50 ribuan), lebih cocok buat harian. (soalnya pernah ada yang mesinnya jebol waktu di pake geber-geber di sentul), untuk oli harga 50rb'n sih worth it banget
Pros :
- murah
- kualitas diatas shell AX7 atau yang harga di atas Idemitsu non ester/PAO.
- viskositas sesuai dengan anjuran pabrikan (10w30)
Cons :
- enaknya cuma sampe 2000km (tergantung cara pakai motor nya)
- agak susah di cari dipasaran (umumnya di jual di Toda dan store oli skala besar)
Jpeg
6. Shell Advance AX7 10w-40, harga beda tipis dengan Idemitsu. Performa 11-12 lah sama Idemitsu. Masih lebih bagus Idemitsu. Lebih reccomended untuk memakai idemitsu.
shell-ax7-10w40-4l
7. Motul 5100 10w40 (harga 160ribuan) suara mesin halus & minim getar. Perpindahan gigi juga lancar tanpa hambatan. Tarikan mantap ketika meisn berputar pada RPM tinggi. Hingga 1.000 km, oli masih menunjukkan performa cukup baik.
169329_motul5100ma2
8. Pertamina Fastron Full Synthetic (0w-50). Kisaran 170-212rb per liter.. Enteng abisss.. Buat turing jauh nonstop ga ada penurunan performa, kopling ga selip. (Tested sendiri, udah 2x pake). Kuat sampe 2500km dengan pemakaian amburadul  
img_3988
9. Redline 10w-60. Kisaran 180rb per liter.. Yg ini blm coba. (mungkin ada masukan dari pembaca? )
fluid_red_line_redline_10w60_1-mt10w60-q_1
Juga selalu biasakan mengganti filter oli setiap kali ganti oli. Untuk mantain mesin agar tetap bersih. Bagi yang suka gonta-ganti merk oli jangan lupa memilih bengkel yg bisa engine flush (contohnyya bengkel Jiester). Maksimal ganti filter oli setiap 3 kali ganti oli.
Untuk kebutuhan kompetisi saya sarankan untuk menggunakan oli yang memang spec nya di atas oli harian yang dijual umum dan tergantung juga soal kondisi di sirkuit, misalnya seperti cuaca dan lain-lainnya karena oli pun perlu menyesuaikan sesuai hasil settingan motor karena udah beda dengan kondisi standarnya. Beberapa pilihan kalo emang isi dompetnya memadai :
– AMSOil
– AMSoil Racing
– Agip Super 10w30

- Royal Purple Oil
- Repsol Moto Racing HMEOC 4T 10W30
Liquimoly Race. 'cuma' Rp250k per L. Performa setara dengan yang diatas dan harga sedikit dibawanya.....  Oli ini juga recommended, minimal pemakaian 3000 km masih bagus.

CMIIW ya, semuanya just IMHO ditambah dengan masukan dari/pendapat para biker yang menggunakan. Mungkin dari rider sekalian ada masukan juga.
Sebagai catatan, jangan menyamakan Oli CBR250R dengan Ninja 250. Walaupun beberapa oli enak dipakai di Ninja tetapi belum tentu pas di CBR 250R karena celah kerenggangan dan kerapatan mesin berbeda.
Untuk penggantian oli sendiri, silahkan juga disimak artikel selanjutnya, Mengganti Sendiri Oli CBR 250R
Sekian, semoga bermanfaat (TBS).

5 comments:

  1. Oli tuk cbr 250r 1 lter lbih kan mas. Oli fastron cuma 1 lter.berarti kita hrus beli 2 lter donk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1,4 liter tepatnya kakak, kalau sama ganti filter oli bisa jadi 1,6 liter
      biasanya biar aman beli yang 0,8 liter, tapi ga semua oli punya kapasitas segini
      alternatifnya beli oli yang 1 liter 2 botol,
      jadi lebihnya di simpan dulu (sekitar 0,2 liter)
      nanti kalau sekitar 5 kali ganti oli udah dapat 1 botol baru utuh yang isinya 1 liter,

      Delete
  2. Bos seringnya pake oli apa?? Galau nie milih oli buat harian

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya biasanya pake Shell Advance Ultra 10W40
      dibeli di SPBU nya

      Delete
    2. Shell advance ultra tahan sampai berapa KM mas??

      Delete