Tuesday, 14 July 2015

Mengganti Lampu Speedometer CBR 250R yang Mati

Mungkin diantara Rider CBR 250R yang motornya sudah cukup berumur mungkin ada yang mengalami masalah lampu LED pada speedometer mati. Kalau siang sih mungkin tidak masalah, tapi kalau malam? Ireng kabeh ketoke! hehehe. Kalau dibawa ke AHASS sudah dipastikan bakalan disarankan untuk mengganti keseluruhan speedometer. Padahal 'kan yang rusak lampu saja, buat apa semuanya diganti. Harganya juga lebih dari Rp.1 juta! (koreksi jika salah). Mubazir toh, uangnya lumayan buat membeli racun yang lain.
cbr250r-speedometer
Speedometer CBR 250R
Daripada keluar uang banyak, lebih baik diperbaiki sendiri, lumayan menambah skill sebagai mekanik motor. Monggo disimak caranya :)

Berikut langkah-langkah penggantian lampu Speedometer CBR 250R (dikutip dari Trit Ceberus (CBR Kaskus) di Kaskus):
1. Langkah pertama tentunya membongkar Speedometer dari Dashboard. yang dilingkari adalah baut-baut yang harus dilepas. Cukup dibuka dengan menggunakan obeng kembang.
571618_20131225084146

2. Setelah speedometer dilepas, akan ada karet seal tipis. Rapikan kembali karet tersebut ke ke tepian di bagian mangkok speedometer (lingkaran kuning).
3. Setelah itu, lepaskan 4 baut putih pegangan Printed Circuit Board/PCB (lingkaran merah)
571618_20131225084535

4. Setelah terlepas cek pegangan LCD seperti lingkaran di bawah dan luruskan dengan tang sesuai lubang dibawahnya agar bisa dilepaskan dari papan PCB nya.
5. Setelah itu balik speedometer, lihat jarum RPMnya. Cabut jarum RPMnya dengan cara menariknya ke atas dengan memegang lingkaran hitam poros perputaran jarum speedometernya nya, jangan menarik jarum merahnya!
6.  Setelah jarum RPM dilepaskan balik speedometer lepaskan perlahan-lahan bagian PCB dengan panel speedometer bagian atas.
571618_20131225084711
*keterangan :
Lingkaran biru : pegangan yg sudah diluruskan
Lingkaran merah : pegangan yang belum di luruskan

7. Setelah PCB dan panel speedometer bagian atas dilepas, cek lampu yang mana saja yang mati kemudian pasangkan lampu LED strip flexible angyg biasa dipakai di variasi untuk bahan ganti lampu LED nya. Cari lampu LED di tukang sparepart hp/ toko led. Di penjual LED pingir jalan biasanya juga punya. Bisa juga menggunakan lampu LED Superflux.
8.  Lepas lampu LED yang mati tersebut dengan hati-hati, lalu pasang lampu yang baru dengan menggunakan solder+timah. Kalau tidak bisa melakukannya bawa saja ke tukang elektronik atau ke tukang HP untuk mengganti lampu LED nya. Tentunya mereka sudah mahir melakukan hal ini.
571618_20131225085007
*keterangan :
Lingkaran merah : lampu led putih
Lingkaran hijau : lampu led merah untuk lampu jarum rpm
Kotak Kuning : 2 led kiri dan kanan dalam kotak masing masing rangkaian seri
9. Setelah di solder dan di cek kembali inilah hasil led yg diganti tadi:
571618_20131225085803

10. Rangkai kembali dengan mengikuti step di atas. Untuk memasang kembali jarum RPM, pasangkan pada tangkai besi di speedometer kemudian putar lingkaran hitam poros putaran jarum RPM tersebut berlawanan arah jarum jam 1 kali putaran sampai jarum mentok di angka 0. Kalo terlewat, putar lagi sampai jarumnya diam di angka 0.
11. Pasang kembali semua baut dan speedometer siap dihidupkan.
571618_20131225090323
Gambar di atas karena menggunakan lampu LED biasa yang menonjol jadi cahayanya ada yang terfokus jadi 4 titik. Paling bagus menggunakan lampu LED flexible yang mirip dengan lampu LED aslinya speedometer, sehingga tidak akan ada 4 titik fokus cahaya seperti pada contoh.

Berikut penampakan lampu LED yang sudah diganti:
571618_20131225090402
Do with your own risk. Tetapi selama dilakukan teliti dan hati-hati pasti bisa kok diselesaikan dengan baik. Lumayan dikerjakan sendiri, berasa bisa menyaingi Tony Stark. hehehehe.
yed4t
SSekian, Semoga bermanfaat :) (TBS).

5 comments:

  1. Mau nanya ndan...
    Saya stuck saat mau pencopotan jarum speedometer nya,
    Hanya di tarik ke atas saja bukankah begitu?
    Keras sekali ndan, takut patah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nglepasinya pake garpu gan...ada tutorialnya d youtub...maaf ga bisa kasih link youtubnya....tapi tetep hati2...

      Delete
  2. Ane mau bongkar sendiri tapi nyari LEDnya susah...masuk 5 toko kaga ada smua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang tukang jual lampu LED di pinggir jalan itu punya lo gan. Untung-untungan juga ketemunya

      Delete
  3. Kalo sepido meter aq mati . Kadang hidup kadang mati. Tapi banyak matinya. Apa harus ganti lednya apa ada resistornya yg lemah ya Gan?

    ReplyDelete