Wednesday, 12 October 2016

Ganti Aki Motor CBR250R yang Akhirnya Tekor Juga Setelah 4 Tahun!

Kali ini mau share pengalaman lagi soal penggantian aki CBR 250R. Jumat malam kemarin sepulang dari kantor sekitar pukul 23.00 WIB, niat saya ikut kopdar bareng teman teman komunitas terpaksa batal. Apa Sebabnya? malam itu waktu lagi kangen-kangennya riding dengan motor (maklum, baru balik dari Makassar) tiba-tiba motor susah dinyalakan. walau tombol start dipencet beberapa kali, beberapa detik, tetap saja tidak mau menyala.
FIX! Setelah 4 tahun dan 20.000 km lebih sedikit, akhirnya aki motor CBR250R saya tekor juga. Tradisi aki kering sih katanya,ketika mati tak pernah ada tanda-tanda sebelumnya, tiba-tiba saja mati.
Jpeg
Aki motor yang soak
Akhirnya malam itu saya pulang mengendarai motor bebek. Alhamdulilah akinya tekor waktu di parkiran kantor, bukan dalam perjalanan. Mencari aki pengganti adalah PR hari ini..
Sesuai buku petunjuk, aki yang disarankan buat CBR250R adalah aki kering (MF) dengan tegangan 12V 6Ah, banyak sih sepertinya aki seperti itu, namun belum tentu untuk dimensi dan ukuran yang sama. Untuk tegangan dan ampere jangan sampai lebih rendah dari yang disarankan. Kalau mau aman yaa cari aki yang sama dengan pemberian pabrik, yakni YUASA YTX7L 12V 6Ah (10 hour). Salah seorang rekan di komunitas motor menyarankan beli aki dari Toko Aki Online milik sahabatnya yang berlokasi di Jakarta Timur.
Keesokan harinya langsung saya kontak dari toko aki online tersebut. Kebetulan waktu itu stok Aki Yuasa YTX7L-BS 12V 6AH sedang kosong (ternyata beneran susah ya nyari aki buat motor CBU!), saya dianjurkan beli Aki GS GTZ8V 12V 7,4Ah (20 hour). Menurutnya aman buat CBR250, sudah banyak yang memakai. Sepengetahuan saya pun yang tidak bioleh digunakan ya aki yang teganan dan ampere nya lebih rendah. Jadilah saya membeli Aki GS tersebut.
Seller yang satu ini ga main-main! Begitu saya kontak langsung dibalas waktu itu juga, lalu janjian COD, dia sendiri bersedia mengantarkan ke tempat saya, free ongkir lho! Waktu COD malah ditawarin juga buat masanginnya. Saya malah milih masang sendiri, hehehe.

Untuk harga? Aki GS ini cuma lebih mahal Rp10.000 dari aki Yuasa. Ukurannya sama persis! Berikut perbandingan dimensinya:
Jpeg

GS GTZ8V 12 V 7,4 Ah (20 hour) vs YUASA YTX7L-BS 12V 6 Ah (10 hour)
Jpeg
Jpeg
Jadi, baut apakah itu?

Bongkar pasang aki CBR250R terbilang gampang, cuma modal obeng kembang (+),kunci L, ama kunci baut ukuran 10. Yang pakai kendaraan pasti punya lah ya, keterlaluan sekali kalau tidak ada sama sekali, hehehe.
Kunci L dipakai untuk membuka jok bagian depan, obeng kembang dipakai untuk membuka kabel dari kutub aki, sedangkan kunci 10 dipakai untuk membuka baut pengikat aki nya. Karena area yang cukup sempit di sekitar isarankan memakai kunci 10 yang memanjang (seperti kunci roda/kunci socket), bukan kunci pas seperti saya (apalagi kunci ring).

Pertama-tama tentunya membuka tempat duduk bagian depan dulu dengan kunci L, setelah itu tinggal membuka baut-baut pengikat aki dan baut pada kutub-kutub aki.
Jpeg
Buka dulu baut pengikat akinya
Jpeg
Kotak sekring sedikit menghalangi, jadi dilepas dulu
Bongkar aki dari dudukannya gampang, tinggal muter-muterin baut aja. Setelah itu tinggal angkat pengikatnya, aki sudah bisa dilepaskan dari dudukannya. Karena kotak sekring sedikit menganggu, saya lepaskan dahulu.
Jpeg
Besi pengikat aki
Jpeg
Jadi Baut apakah ini? ditemukan di bawah aki
Jpeg
Ada ring nya juga
Selanjutnya tinggal taruh aki baru pada tempatnya. Pas banget toh.
Jpeg

Memasang pengikat akinya ternyata sedikit tricky, karena harus mengaitkan bagian bawah ke body motor.
Jpeg
Lubang tempat mengaitkan pengikat aki (itu mur apa ya? masih teman baut tadi sepertinya)
Jpeg
Terpasang!
Setelah aki dipasang pada dudukannya beserta pengikatnya, selanjutnya tinggal pasang kembali baut pada kutub, lalu baut pengikat aki (terserah yang mana duluan).
Selesai dipasang, begitu saya tes, Alhamdulillah, motor sudah menyala kembali. Waktunya rolling lagi keliling Jakarta.

Penasaran ama Aki GS GTZ8V 12V 7,4Ah (20 hour)? Berikut penampakan lengkapnya:
Jpeg
Jpeg
Jpeg
Jpeg
Jpeg
Jpeg
Jpeg
Dimensinya (penggaris sebagai pengukur)
Jpeg
Jpeg
Yang penasaran sama pedagangnya, silahkan disamperin, nama toko onlinenya BEMBS MOTOR, berlokasi di Jakarta Timur, ini akun FacebookTwitterTokopedia, dan Buka Lapak nya. Aki buat semua motor dari Jepang sampai Eropa, dari Moge sampai matic dijamin ada persediaannya, silahkan bagi yang butuh. :)
Sekian, semoga bermanfaat. :) (TBS)

2 comments:

  1. Jakarta timur nya dimana ya BEMBS MOTOR?
    Untuk hrga aki GS nya brp?

    ReplyDelete
  2. Jakarta timur nya dimana ya BEMBS MOTOR?
    Untuk hrga aki GS nya brp?

    ReplyDelete