Friday, 16 December 2016

Bingung Cari Duplikat Kunci untuk CBR250R? Pakai punya Moge!

Sebenarnya ini pertanyaan klasik bagi pengguna CBR250R: “Apakah kunci CBR250R bisa di duplikasi?”
Menurut buku user manual, pada rumah kunci kontak CBR250R terdapat semacam dioda yang terhubung dengan magnet khusus pada anak kuncinya, sehingga saat anak kunci motor ini diputar ada semacam induksi magnet yang aktif dan bisa menyalurkan arus untuk menstarter motor. Ketika ada percobaan untuk menyalakan motor dengan menggunakan benda asing selain anak kunci asli, dioda tersebut akan putus sehingga seluruh kelistrikan motor mati. Jadi CBR250R memiliki fitur anti-theft tambahan meskipun tidak dilengkapi Secure Key Shutter (SKS). Tetapi faktanya dilapangan sudah ada beberapa teman yang mencoba menduplikasi anak kunci CBR250R ini, toh tetap bisa dinyalakan, entah kenapa.
cbr250r_2011_06
Problem lainnya dalam menduplikasi kunci CBR250R adalah masalah anak kunci itu sendiri. Hampir semua tukang duplikat tidak memiliki anak kunci untuk CBR250R ini, secara bagian logam anak kuncinya sangat panjang dan memiliki 2 coakan memanjang di tiap sisi sampingnya. Mungkin karena motor ini statusnya CBU juga sehingga anak kunci cadangan untuk diduplikasi sangat sulit dicari. Namun toh kalau sedikit pintar mencari, sebenarnya bisa saja ditemukan walau agak sulit, atau bisa juga menggunakan anak kunci motor lain yang ukurannya hampir sama.
Jadi, “Apakah anak kunci CBR250R bisa diduplikasi?
Jawabannya “Ya! Bisa!“.
Tapi pakai anak kunci dari mana?
Monggo disimak🙂

*sedikit flashback dulu ya
Berawal dari keteledoran saya sewaktu mengisi bensin di salah satu SPBU ‘kerang’. Setelah membuka tutup tangki, secara ceroboh saya menaruh tutup tangki yang masih dicolok oleh anak kunci secara sembarangan di atas tempat duduk motor (maklum, sesuai prosedur safety di SPBU ‘kerang’ kan tidak boleh duduk di atas motor selama pengisian bensin). Tiba-tiba saja tutup tangki yang bentuknya bundar itu bergulir lalu jatuh ke permukaan beton SPBU.
Waktu tutup tangki diambil ternyata anak kunci motor sudah bengkok parah nyaris patah! Beruntung tidak patah, berarti saya masih bisa menyalakan motor, paling tidak biar sampai di rumah dulu.
Apesnya baru terjadi ketika sampai di rumah. Setelah memarkir motor pada tempatnya, waktu membuka kunci bagasi tiba-tiba saja anak kunci malang ini patah begitu saja, menyisakan ujungnya yang masih tertancap di rumah kunci bagasi. Beruntung tidak berada terlalu di dalam rumah kunci sehingga masih bica dicabut dengan gampang menggunakan tangan.
Mau tidak mau harus menduplikasi anak kunci malang ini. Mencari bahan untuk anak kunci duplikat CBR250R cukup susah, secara bagian logam anak kuncinya cukup panjang. Belum lagi model 2 coakan yang memanjang dari bagian ujung sampai ke dekat pangkalnya. Bahan yang seperti ini susah dicari.
Jpeg
Kunci asli yang patah
Waktu itu saya mencoba membuat duplikat di tukang duplikat kunci di Bendungan Hilir. Solusinya waktu itu menggunakan anak kunci Suzuki Thunder, ga tahu Thunder berapa. Karena logam kuncinya kurang panjang, sedikit bagian plastik genggamannya (yang warna hitam) harus dikorbankan. Lalu selanjutnya ditambahkan coakan pada bagian sampingnya biar mirip sama aslinya.
Sesampainya di rumah ketika dicoba digunakan pada motor, waktu itu cuma bisa buka kunci bagasi, sedangkan buat kunci kontak masih tidak bisa. Anak kuncinya masuk dengan pas ke lubang kunci kontak, tetapi tidak bisa/agak keras untuk diputar ke posisi on, saya juga tidak mau memaksakan. Mungkin tukang kuncinya saja yang kurang presisi kerjaannya, walau dilihat dengan mata telanjang hasilnya sudah 11-12 dengan anak kunci asli.
Jpeg
Kunci Suzuki Thunder tampak depan (ada tulisan SUZUKI nya)
Jpeg
Kunci Suzuki Thunder tampak belakang (ada kode SZ16P, What's the meaning?)
Selanjutnya saya mencoba ke tukang kunci lain di Pasar Santa, kali ini menggunakan kunci Honda Vario yang panjangnya hampir sama. Seperti anak kunci Suzuki Thunder, anak kunci ini pun harus ditambahi dengan 2 coakan yang memanjang dari ujung bagian logam anak kunci sampai ke dekat pangkalnya. Kunci ini malah terbalik kejadiannya: ketika dipakai di kunci kontak malah pas, bisa digunakan dengan gampang pada kunci kontak. Sedangkan dipakai di rumah kunci bagasi malah tidak bisa. Mungkin juga tukang kunci yang ini tidak begitu presisi kerjaannya, walau akhirnya setelah beberapa kali saya coba akhirnya kunci duplikat yang ini akhirnya bisa membuka bagasi juga.
Jpeg
Anak Kunci Honda Vario
Jpeg
Bagaimana dengan tutup tangki bensin? jangan ditanyakan, tutup ‘luck nut’ ini cuma butuh ujung kunci. Jangan-jangan dicolok pake peniti pun bisa kebuka. hehehe. Tutup tangki yang bermodel terbuka lepas tanpa engsel ke dudukannya inilah yang sering memakan korban anak kunci seperti kasus saya. Gimana enggak, buat membukanya cuma dimasukin seujung anak kunci, rawan bikin patah banget.
Nah, seperti biasanya saya suka iseng mantengin grup Jual Beli Moge di Facebook. Pada suatu hari ada seller yang menjual anak kunci khusus moge Honda & Suzuki.  Katanya sih buat motor di atas 400cc semua, which is moge of course. Salah satu anak kunci buat moge Honda ada yang mirip sama anak kunci CBR250R, bahkan 2 coakan memanjangnya pun ada.
Jpeg
Anak Kunci Moge Honda
Iseng nanyain sellernya soal ukuran, sampe minta-minta ke sellernya untuk mengukur pake penggaris dan mengirimkan fotonya. Ternyata kuncinya MIRIP BANGET kunci CBR250R. Akhirnya jadi order, minta dianterin langsung pake Gojek. Berhubung lokasinya tidak terlalu jauh, masih di jalan Gatot Subroto.
Jpeg
Begitu barang diterima, langsung saya bawa ke tukang duplikat terdekat. Tidak butuh lama, anak kunci cadangan pun selesai. Tidak banyak modifikasi coakan tambahan, tinggal bikin alurnya saja mengikuti anak kunci asli.
Jpeg
Kalau dibandingkan, ukurannya benar-benar sama semua, modelnya juga lebih keren.
Jpeg
Jpeg
Panjang, lebar, dan tebalnya sama semua. Bahannya juga lebih bagus. Modelnya juga lebih keren. Harganya saja yang lebih mahal. Lumayan worth it lah buat prestise, belum mampu beli moge minimal punya anak kuncinya dulu, hehehe.
Jadi dari ketiga anak kunci duplikasi tersebut, memang yang model moge paling keren (dan paling panjang), seperti terlihat pada foto di bawah. Untuk menduplikasi anak kunci CBR250R menggunakan anak kunci Suzuki Thunder yang modelnya paling pendek, selain harus ditambahkan coakan, pada bagian pegangan plastik hitamnya harus dipotong sedikit agar logamnya cukup panjang. Sedangkan anak kunci Honda Vario yang sudah cukup panjang tinggal ditambahkan coakannya saja. Untuk anak kunci moge tinggal diduplikasikan saja.
Jpeg
3 anak kunci hasil duplikasi
Bagi yang penasaran, ini link penjualnya (di dalam grup Facebook Jual Beli Moge): Anak kunci moge honda & Suzuki polos.
Sekian, semoga bermanfaat🙂 (TBS).

1 comment:

  1. Gan boleh minta no hp sellernya kayaknya saya butuh hehehe. Nuhun

    ReplyDelete